Senangnya menempati dan memiliki hunian baru. Sudah barang tentu jika banyak persiapan yang dibutuhkan untuk mengisi rumah baru. Tak hanya dari segi waktu dan tenaga, biaya juga. Persiapan biaya inilah yang harus dipersiapkan dengan matang. Agar lebih berhemat dan tidak terlalu menguras kantong, berikut beberapa tips menyusun daftar isi rumah baru.

Beli Perabotan Secara Bertahap

Saat melihat hunian baru yang masih kosong, tentu akan timbul naluri untuk segera mengisinya. Namun hal ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu perlu disadari jika semua hal yang berkaitan dengan keuangan harus direncanakan dengan matang. Jadi agar tidak terlalu menguras anggaran, ada baiknya membeli perabotan secara bertahap.

Ada baiknya untuk membuat daftar barang terlebih dahulu. Buatlah menjadi beberapa kelompok atau kategori. Setelah itu Anda bisa mulai membeli perabotan sesuai dengan anggaran yang tersedia setiap bulannya. Cara ini terbilang cukup efektif agar kantong Anda tidak kering untuk membeli perabotan rumah.

Prioritaskan Perabotan yang Paling Dibutuhkan

Untuk melengkapi sebuah hunian memang butuh perabotan yang banyak, terlebih lagi jika rumahnya cukup luas. Namun melengkapi rumah dengan perabotan yang lengkap sekaligus tentu butuh biaya yang besar. Jadi jangan lupa buat daftar barang yang dibutuhkan. Setelah itu tentukan dan prioritaskan barang mana yang dibutuhkan dan harus segera dibeli.

Gunakan Perabotan Lama

Jika sebelumnya Anda pernah menetap di rumah orang tua atau kontrakan, tentu Anda memiliki beberapa perabotan yang digunakan sebelumnya bukan? Jadi tak ada salahnya menggunakan perabotan lama untuk mengisi hunian baru Anda. Perlu diingat mengisi rumah baru tidak harus menggunakan barang baru juga ya.

Anda bisa memanfaatkan beberapa perabotan lama yang kondisinya masih bagus dan masih berfungsi dengan baik untuk mengisi hunian baru Anda. Hal ini tentu akan lebih hemat sebab Anda tak perlu membeli perabotan baru lagi.

Rencanakan Pembelian Secara Tunai atau Kredit

Pada dasarnya pembelian perabotan rumah tangga dapat dilakukan secara tunai ataupun kredit. Jika Anda merasa mampu untuk membayar cicilan setiap bulannya, tak ada salahnya membeli perabotan yang dibutuhkan secara kredit.

Meski demikian akan lebih baik jika tidak semua perabotan dibeli secara kredit agar beban utang yang Anda miliki tidak terlalu banyak. Jangan lupa buat perencanaan barang apa saja yang akan dibeli secara kredit dan tunai. Dengan begitu maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan anggaran untuk mengadakan barang-barang perabotan yang dibutuhkan.

Perhatikan Dana yang Dimiliki

Mengisi dan menghias hunian baru dengan berbagai perabotan yang diinginkan memang terbilang cukup menyenangkan. Meski demikian tetap perlu untuk diingat jika Anda juga harus memperhatikan dana dan anggaran yang dimiliki untuk membeli perabotan tersebut. Dengan begitu maka niatan untuk mengisi rumah tak akan berdampak buruk bagi keuangan Anda.

Pilih Barang yang Murah dan Berkualitas

Saat ini ada banyak sekali perabotan dengan berbagai model, bahan dan harga yang bisa Anda pilih. Agar bisa mengisi hunian dengan perabotan yang lengkap pastikan memilih produk yang berkualitas dengan harga murah. Misalnya saja furnitur, jika dirasa terlalu mahal tidak perlu memilih berbahan dasar kayu jati. Pilih dengan model yang lain dan harga yang lebih murah.

Di atas merupakan beberapa tips menyusun daftar isi rumah baru agar tetap hemat dan tidak menguras kantong. Dengan menerapkan beberapa hal di atas maka upaya untuk mengisi hunian baru Anda dengan berbagai perabotan tak akan memberatkan. Pastikan untuk selalu memilih produk yang dibutuhkan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.